Minggu, 26 Juli 2015

Penyebab Sembelit

Secara teoritis, sembelit dapat disebabkan oleh lambatnya mencerna makanan melalui setiap bagian dari usus, namun, perlambatan terjadi di usus besar.

Obat-obatan yang menyebabkan sembelit

Penyebab yang sering di-tampak sembelit adalah obat. Obat-obat yang bisa menjadi pemicu  paling umum termasuk:

 - Obat nyeri narkotik seperti kodein (misalnya, Tylenol 3 #), oxycodone (misalnya, Percocet), dan hydromorphone (Dilaudid);
 - Antidepresan seperti amitriptyline (Elavil, Endep) dan imipramine (Tofranil)
 - Antikonvulsan seperti fenitoin (Dilantin) dan carbamazepine (Tegretol)
 - Suplemen zat besi
 - Calcium channel blocking obat (CCBs) seperti diltiazem (Cardizem) dan nifedipine (Procardia)
 - Aluminium yang mengandung antasida seperti suspensi aluminium hidroksida (Amphojel) dan aluminium karbonat (Basaljel)

Selain obat-obatan yang tercantum di atas, ada banyak hal lain yang dapat menyebabkan sembelit. Langkah-langkah sederhana untuk mengobati sembelit (misalnya, meningkatkan serat makanan) yang disebabkan oleh obat-obatan sering efektif, dan menghentikan obat mungkin tidak perlu. Jika langkah-langkah sederhana tidak bekerja, mungkin bisa mengganti obat sembelit. Misalnya, obat nonsteroidal semut-inflamasi (misalnya, ibuprofen) dapat menggantikan obat sakit narkotika, atau salah satu obat antidepresan yang lebih baru dan kurang sembelit.


Penyebab lain sembelit

Kebiasaan

Buang air besar berada di bawah kontrol. Ini berarti bahwa orang-orang biasa menahan dorongan ketika mereka merasa harus buang air besar. Meskipun kadang-kadang adalah tepat untuk menekan dorongan untuk buang air besar (misalnya, ketika kamar mandi tidak tersedia), melakukan hal ini terlalu sering dapat menyebabkan hilangnya dorongan dan mengakibatkan sembelit.

Diet

Serat adalah penting dalam menjaga sistem pencernaan. Diet yang rendah serat bisa menyebabkan sembelit. Sumber alami terbaik dari serat buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Obat pencahar

Salah satu yang diduga penyebab sembelit adalah penggunaan obat pencahar stimulan parah (senna [Senokot , minyak jarak, dan banyak tumbuhan). Sebuah asosiasi telah ditunjukkan antara penggunaan kronis obat pencahar stimulan dan kerusakan pada saraf dan otot-otot usus besar, mungkin mengakibatkan sembelit. Hal ini tidak jelas, bagaimanapun, apakah obat pencahar telah menyebabkan kerusakan atau apakah kerusakan ada sebelum penggunaan obat pencahar. Namun demikian, karena kemungkinan bahwa obat pencahar stimulan dapat merusak usus besar, kebanyakan ahli merekomendasikan bahwa obat pencahar stimulan digunakan sebagai upaya terakhir setelah perawatan non-stimulan gagal.

Gangguan hormonal

Hormon dapat mempengaruhi pergerakan usus. Sebagai contoh

  - Terlalu sedikit hormon tiroid (hipotiroidisme) dan terlalu banyak hormon paratiroid (dengan menaikkan kadar kalsium dalam darah) dapat menyebabkan sembelit.
  - Pada saat periode menstruasi wanita, tingkat estrogen dan progesteron yang tinggi dan dapat menyebabkan sembelit. Namun, jarang masalah ini yang berkepanjangan.
  - Tingginya kadar estrogen dan progesteron selama kehamilan juga dapat menyebabkan sembelit.


Penyakit yang mempengaruhi usus besar

Ada banyak penyakit yang dapat mempengaruhi fungsi otot danatau saraf usus besar. Termasuk diabetes, skleroderma, usus pseudo-obstruksi, penyakit Hirschsprung, dan penyakit Chagas. Kanker atau penyempitan (striktur) dari usus besar yang menghalangi usus besar dapat menurunkan aliran tinja.

Penyakit sistem saraf pusat

Beberapa penyakit otak dan sumsum tulang belakang dapat menyebabkan sembelit, termasuk penyakit Parkinson, multiple sclerosis, dan cedera tulang belakang.

Inersia kolon

Inersia kolon adalah kondisi di mana saraf atau otot-otot usus besar tidak bekerja secara normal. Akibatnya, isi usus besar tidak didorong melalui usus besar seperti biasanya. Penyebab inersia kolon jelas. Dalam beberapa kasus, otot atau saraf usus besar yang sakit. Inersia kolon mungkin juga hasil dari penggunaan kronis obat pencahar stimulan. Dalam kebanyakan kasus, bagaimanapun, tidak ada penyebab yang jelas untuk sembelit.

Disfungsi dasar panggul

Disfungsi dasar panggul (juga dikenal sebagai obstruksi atau delay outlet) mengacu pada suatu kondisi di mana otot-otot panggul lebih rendah yang mengelilingi rektum (otot-otot dasar panggul) tidak bekerja secara normal. Otot-otot ini sangat penting untuk buang air besar (BAB). Tidak diketahui mengapa otot ini gagal untuk bekerja dengan baik pada beberapa orang, tetapi mereka bisa membuat bagian dari tinja sulit bahkan ketika segala sesuatu yang lain adalah normal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar