Minggu, 26 Juli 2015

Fakta Sembelit

 - Sembelit didefinisikan secara medis kurang dari tiga bangku per minggu dan sembelit parah kurang dari satu bangku perminggu.

 - Beberapa gejala sembelit termasuk ketidaknyamanan perut bagian bawah, gerakan usus yang jarang, berusaha untuk memiliki gerakan usus, tinja yang keras atau kecil, perdarahan rektum danatau celah dubur yang disebabkan oleh tinja yang keras, dan tekanan fisiologis danatau obsesi dengan memiliki buang air besar.

 - Sembelit biasanya disebabkan oleh gerakan lambat tinja melalui usus besar.

 - Ada banyak penyebab sembelit termasuk obat-obatan, kebiasaan buang air besar yang buruk, diet rendah serat, penyalahgunaan obat pencahar, gangguan hormonal, dan penyakit terutama dari bagian lain dari tubuh yang juga mempengaruhi usus besar.

 - Kedua gangguan terbatas pada usus yang menyebabkan sembelit adalah inersia kolon dan disfungsi dasar panggul.

 - Tingginya kadar estrogen dan progesteron selama kehamilan dapat menyebabkan sembelit.

 - Evaluasi medis sembelit yang harus dilakukan ketika sembelit adalah onset mendadak, berat, memburuk, terkait dengan gejala mengkhawatirkan lainnya seperti kehilangan berat badan, atau tidak menanggapi sederhana, perawatan yang aman.

 - Evaluasi medis sembelit mungkin termasuk sejarah, pemeriksaan fisik, tes darah, sinar-X perut, barium enema, studi transit usus, defecography, studi anorektal motilitas, dan studi motilitas kolon.

 - Tujuan terapi untuk sembelit adalah salah satu gerakan usus setiap dua sampai tiga hari tanpa melelahkan.

 - Pengobatan sembelit mungkin termasuk serat makanan, obat pencahar non-stimulan, obat pencahar stimulan, enema, supositoria, pelatihan biofeedback, dan operasi.

 - Pencahar stimulan, termasuk obat pencahar herbal, harus digunakan sebagai upaya terakhir karena mereka dapat secara permanen merusak usus dan memperburuk konstipasi.


Apa sembelit

Sembelit berarti hal yang berbeda untuk orang yang berbeda. Bagi banyak orang, itu hanya berarti buang air besar yang jarang terjadi. Bagi yang lain, bagaimanapun, sembelit berarti tinja yang keras, kesulitan buang air (tegang), atau rasa pengosongan lengkap setelah buang air besar. Penyebab dari masing-masing gejala sembelit bervariasi, sehingga pendekatan masing-masing harus disesuaikan dengan masing-masing orang tertentu juga berbeda.

Sembelit juga bisa bergantian dengan diare. Pola ini biasanya terjadi sebagai bagian dari sindrom iritasi usus (IBS). Pada akhir ekstrim dari spektrum sembelit adalah impaksi tinja, suatu kondisi di mana tinja mengeras di rektum dan mencegah lewatnya tinja apapun (meskipun kadang-kadang diare dapat terjadi bahkan dengan obstruksi).

Jumlah buang air besar umumnya menurun seriring dengan pertambahan usia. Kebanyakan orang dewasa memiliki buang air besar antara tiga dan 21 kali per minggu, dan ini akan dianggap normal. Pola yang paling umum adalah salah satu gerakan usus sehari, tetapi pola ini terlihat dalam waktu kurang dari setengah orang. Selain itu, kebanyakan orang tidak teratur dan tidak memiliki buang air besar setiap hari atau jumlah yang sama buang air besar setiap hari.

Berbicara secara medis, sembelit biasanya didefinisikan sebagai kurang dari tiga gerakan usus per minggu. Sembelit parah didefinisikan sebagai kurang dari satu gerakan usus per minggu. Tidak ada alasan medis untuk buang air besar setiap hari. Tidak buang air besar selama dua atau tiga hari tidak menyebabkan ketidaknyamanan fisik, hanya tekanan mental bagi sebagian orang. Berlawanan dengan kepercayaan populer, tidak ada bukti bahwa racun menumpuk ketika jarang buang air besar atau sembelit yang mengarah ke kanker.

Hal ini penting untuk membedakan akut (onset) sembelit kronis dari (durasi panjang) sembelit. Sembelit akut memerlukan penilaian mendesak karena penyakit medis yang serius dapat menjadi penyebab yang mendasari (misalnya, tumor usus besar). Sembelit juga memerlukan penilaian langsung jika disertai dengan gejala mengkhawatirkan seperti pendarahan anus, sakit perut dan kram, mual dan muntah, dan kehilangan berat badan secara cepat. Evaluasi sembelit kronis mungkin tidak mendesak, terutama jika langkah-langkah sederhana membawa bantuan ke arah kesembuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar